Sebagai salah satu minuman tertua yang pernah dibuat manusia, bir adalah minuman terpopuler ketiga di dunia, setelah air dan teh. Minuman yang diproduksi lewat proses fermentasi bahan berpati ini tidak melalui proses penyulingan setelah difermentasi. Oh ya, pada awalnya, bir dibuat pada 5.000 SM di zaman Mesir Kuno dan Mesopotamia, lho. Masyarakat pada waktu ini merendam roti dengan air, membiarkannya berfermentasi lalu meminum air rendaman roti tersebut. Wow…

Lalu, kenapa bir bisa sangat populer di Eropa kalau asalnya dari Mesir Kuno dan Mesopotamia? Hal ini dikarenakan adanya migrasi ke benua Eropa, sehingga minuman beralkohol ini mulai menyebar di Utara dan Barat Eropa. Hasilnya, sampai saat ini bir menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari mereka. Kalau di Indonesia, bir mulai dikenal semenjak zaman kolonialisme. Yup, you are right! Kita mengenal bir karena orang-orang Belanda, guys.

Namun, kebanyakan dari kita pasti hanya tahu kalau bir terdiri dari dua jenis, yaitu bir hitam dan bir kuning keemasan. Padahal, ada banyak jenis bir, lho. Apa saja, ya? Baca terus untuk mengetahuinya!

  • Lager

9 jenis bir

Bir berkadar pahit rendah dengan warna emas ini memiliki nama alias yaitu international blonde lager. Difermentasi dengan ragi yang berada di bawah (tidak mengambang), Lager didesain untuk memenuhi dahagamu. Psstt… Hampir semua produk bir yang beredar di dunia masuk ke dalam jenis bir ini, lho. Oh ya, Lager harus dibuat pada temperatur rendah karena ia butuh proses fermentasi yang cukup lama dibanding bir lainnya–sekitar beberapa minggu hingga beberapa bulan.

  • Ale

9 jenis bir 9

Jenis bir kedua ini memiliki warna yang agak gelap apabila dibandingkan dengan Lager. Ale terbuat dari sari malt barley melalui proses fermentasi pada temperatur yang cukup tinggi. Ia populer karena flavourful dan cenderung manis, sehingga biasanya para perempuan menyukai Ale.

  • Pilsner

9 jenis bir 8

Pertama kali dibuat di Plzen, Ceko pada 1842, Pilsner merupakan bir yang terbuat dari malt yang direndam dalam air yang dicampur ragi. Dalam proses fermentasi, Pilsner harus dibuat dalam temperatur yang cukup tinggi. Cita rasa bir satu ini tidak terlalu pahit dengan hops yang kuat dan malt yang lembut. Warnanya pun hampir sama dengan Lager, yaitu kuning keemasan.

  • Stout

9 jenis bir 6

Memiliki rasa panggang yang kuat dengan hint kopi, cokelat, licorice, dan malose, Stout merupakan bir berwarna gelap dengan kadar pahit tinggi. Bir ini pertama kali dibuat di Inggris menggunakan malted barley yang dipanggang sampai matang. Biasanya, sih, kaum laki-laki menyukai jenis bir ini.

  • Draught Beer

9 jenis bir 7

Bir dengan warna agak kecokelatan seperti teh ini pasti sering banget kamu lihat di film-film koboi Amerika. Yup, tong-tong kayu besar yang kerap kali ada di kedai minuman pada film tersebut berisikan bir yang disebut draught beer. Tapi, kalau sekarang, sih, kamu udah bisa menemukan draught beer dalam bentuk kaleng.

  • Barley Beer

9 jenis bir 2.jpg

Dengan kadar alkohol yang tidak terlalu tinggi, jenis bir satu ini memiliki rasa pahit dan getir yang khas. Biasanya kamu dapat menemukan Barley beer di berbagai bar dengan warna agak cokelat kemerahan namun tidak terlalu pekat.

  • Flavour Beer

9 jenis bir 1.jpg

Kalau jenis bir yang satu ini, sih, banyak banget beredar di pasaran. Dalam proses pembuatannya, flavour beer dicampur dengan perasa alami seperti jus atau sari buah.

  • Wheat Beer

9 jenis bir 5

Bir dengan rasa khas gandum ini dibuat dengan perbandingan 1:1 dengan barley malt, sehingga menghasilkan warna kuning-emas yang cukup terang.

Baca juga: Tak Perlu ke Bali Untuk Menikmati Anggur Bali, Hatten Wines

  • Porter

9 jenis bir 4

Termasuk dalam kelompok bir hitam, Porter memiliki kadar pahit rendah bercitarasa ringan dengan rasa roasted grain, cokelat, dan toffee.

Setelah mengetahui berbagai jenis bir dari penjelasan di atas, jenis bir mana yang menjadi favoritmu, guys? Yuk, dapatkan bir tersebut di supermarket online honestbee agar acara belanjamu jadi lebih praktis!

Belanja-Disini

Why-Choose-honestbee

2 thoughts on “Jangan Ngaku Suka Bir Kalo Gatau 9 Macam Bir Ini

Leave a Reply