Sakit tenggorokan bisa dialami oleh siapa saja. Tidak peduli usia dan jenis kelaminnya, masalah yang terasa mengganggu di tenggorokan ini bisa dialami.

Penyebab sakit tenggorokan sebenarnya beragam:

Gangguan ini jadi pertanda awal penyakit pilek dan flu atau akibat efek dari ketegangan pita suara.

Namun,dapat juga menjadi indikasi dari penyakit yang lebih serius seperti radang tenggorokan.

Biasanya sakit tenggorokan terasa dari rasa tidak nyaman di daerah laring, faring, dan kelenjar amandel. Ketidaknyamanan itu menimbulkan rasa sakit, gatal, panas,sampai kesulitan menelan.

Jika bukan indikasi problem serius, sakit tenggorokan akan mereda dengan sendirinya dalam beberapa hari. Namun, untuk mempercepat proses pemulihan, tidak ada salahnya lakukan sejumlah hal alami ini.

Baca juga: Manfaat Cuka Apel yang Sudah Terbukti

Berkumur dengan air garam

Sakit tenggorokan bisa memicu rasa nyeri dan panas di tenggorokan. Hal itu jelas membuat tidak nyaman.

Untuk menguranginya, cobalah untuk berkumur dengan air garam. Keampuhannya bahkan telah dibuktikan lewat riset. Health melansir kegunaan air garam untuk sakit tenggorokan.

Air garam mampu mengurangi bengkak di tenggorokan, mencairkan lendir, serta membantu membilas bakteri dan berbagai penyebab iritasi. Oleh sebab itu,disarankan untuk berkumur air garam beberapa kali dalam sehari.

Caranya dengan mencampur satu sendok teh garam dengan secangkir air hangat. Aduk danlarutkan garam. Kumurlah dengan menelan air garam beberapa detik sebelum dibuang kembali. Ulangilah beberapa kali dalam sehari.

Uap campuran kayu manis dan madu

Anda bisa mengurangi rasa tidak nyaman akibat sakit tenggorokan dengan kayu manis dan madu. Masukkan satu sendok teh bubuk kayu manis ke dalam satu cangkir air panas. Lalu campur dengan dua sendok teh madu.

Setelah itu, hirup uap dari air campuran kayu manis dan madu tersebut. Sesudah menghangat, air tersebut dapat diminum.

2 thoughts on “Menyembuhkan Sakit Tenggorokan Secara Alami

Leave a Reply