Kalsium merupakan salah satu zat yang sangat diperlukan. Namun, sayang sekali, tubuh tidak bisa memperolehnya sendiri. Oleh karena itu, segeralah mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium untuk pemenuhannya.

Kesehatan dan fungsi organ tubuh bisa maksimal karena beragam hal. Salah satunya keberadaan zat penunjang termasuk kalsium. Sebagai contoh kalsium berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi. Sekitar 99 persen kalsium akan diserap tubuh untuk proses tersebut.

Namun, sisa satu persennya tidak bisa dipandang remeh. Keberadaan kalsium memungkinkan sejumlah fungsi tubuh bekerja dengan baik. Ingin tahu lebih detail tentang fungsi kalsium? Berikut ini pemaparannya.

FUNGSI KALSIUM

Kalsium memiliki sejumlah kegunaan yang vital bagi tubuh. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium agar kebutuhan tercukupi. Inilah beberapa di antaranya:

Membentuk serta Memperkuat Tulang dan Gigi

Kalau ingin terus memiliki tulang dan gigi yang sehat, segeralah mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi. Pembentukan tulang dan gigi akan tergantung dari jumlah asupan kalsium yang diperoleh.

Sejak bayi hingga umur 30 tahunan, tulang manusia akan terus terbentuk. Hal itu bisa berjalan baik jika asupan kalsium terpenuhi. Anak-anak yang kekurangan kalsium berisiko mengalami kelainan bentuk rangka dan kondisi kesehatan lain seperti rakitis, pelemahan atau pelunakan tulang pada anak-anak.

Untuk itu, mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium sangat dianjurkan. Terlebih lagi bagi mereka yang sudah berumur. Saat itu, kepadatan tulang mulai berkurang. Gangguan seperti osteoporosis rawan dialami, terkhusus bagi wanita yang sudah memasuki masa menopause.

Menjaga Kerja Jantung

Jantung merupakan organ vital. Kesehatannya bisa dijaga dengan konsumsi makanan yang mengandung kalsium tinggi. Mengapa seperti itu?

Kalsium ternyata berguna untuk dalam mengatur ritme dan detak jantung. Keteraturan detak jantung sangat penting bagi kesehatan jantung. Tanpa kalsium yang cukup, jantung tidak akan bisa bekerja dengan baik.

Membantu Pembekuan Darah

Agar darah cepat mengering ketika bagian tubuh terluka, kalsium amat diperlukan. Ternyata kalsium berperan serta dalam mekanisme pembekuan darah oleh tubuh.

Untuk menghentikan pendarahan, tubuh segera membekukan darah di bagian yang terluka. Penutupan luka hanya bisa dilakukan dengan kalsium, vitamin K, dan protein yang disebut fibrinogen. Jika kekurangan kalsium, luka akan lebih lama mengering.

Mengatur Relaksasi dan Kontraksi Otot

Kalsium dibutuhkan otot untuk berkontraksi dan berelaksasi. Bagian otot yang disebut serabut otot atau miofibril akan mengerut untuk membentuk kontraksi otot. Sebaliknya miofibril akan ganti meregang untuk membentuk merelaksasi otot.

Setiap miofibril akan dikelilingi oleh retikulum sarkoplasma. Pada bagian inilah perubahan konsentrasi kalsium akan membuat serabut otot berkontraksi atau berelaksasi. Karena itu, konsumsi makanan yang mengandung kalsium amat penting.

Berperan Dalam Impuls Sel Saraf

Jaringan tubuh digunakan oleh otak untuk mengontrol tubuh. Impuls saraf yang akan merambat melalui jaringan tubuh untuk mengirim perintah atau respons ke otak. Dalam mekanisme inilah, kalsium berperan penting.

MAKANAN YANG MENGANDUNG KALSIUM

Itulah beberapa manfaat kalsium bagi tubuh. Namun, tubuh hanya memperoleh kalsium dari asupan yang dikonsumsi. Oleh karena itu, makanlah makanan yang mengandung kalsium tinggi berikut ini:

  • Susu

Susu dan semua produk susu diketahui sebagai sumber kalsium tinggi. Mengonsumsinya dipastikan akan membantu pemenuhan kebutuhan kalsium.

  • Ikan sarden
    Ikan sarden termasuk makanan yang mengandung kalsium tinggi. Hanya dengan menyantap tiga ons, kecukupan kalsium sebanyak 325 mg sudah diperoleh.
  • Ikan salmon
    Di dalam setiap 3 ons ikan salmon yang telah dimasak terdapat 180 mg kalsium. Bukan hanya itu, ikan salmon juga mengandung vitamin D yang dapat meningkatkan penyerapan kalsium dari makanan.
  • Brokoli
    Brokoli ada di daftar makanan yang mengandung kalsium tinggi. Dari setiap 50 gram brokoli terkandung 30 mg kalsium.
  • Pok choy kecil
    Makanan yang mengandung kalsium tinggi berikutnya adalah pok choy kecil. Dari setiap 100 gramnya terdapat  kalsium sekitar 158 mg.
  • Bayam
    Kandungan kalsium di bayang juga tinggi. Ada 150 mg kalsium untuk setiap 100 gram bayam.
  • Tahu
    Tahu rupanya termasuk makanan yang mengandung kalsium tinggi. Menjadikan 100 gram tahu sebagai lauk sudah dapat memberikan 500 mg kalsium.
  • Biji wijen
    Kandungan kalsium di biji wijen termasuk tinggi. Satu sendok makannya sudah mengandung 160 mg kalsium.
  • Almond
    Almond bisa dimasukkan ke daftar makanan yang mengandung kalsium. Dari konsumsi 15 gram almond, tubuh sudah bisa memperoleh 35 mg kalsium.
  • Susu kedelai
    Susu kedelai bisa menjadi alternatif bagi yang tidak bisa mengonsumsi susu. Tiap 200 ml susu kedelai, terdapat sekitar 19 mg kalsium.

Segera dapatkan makanan yang mengandung kalsium tinggi tersebut di supermarket terdekat. Supaya praktis, layanan honestbee bisa dimanfaatkan. Dengan memesan secara online, pelanggan tinggal duduk manis menunggu produk dikirimkan ke lokasi tujuan. Tidak akan ada perbedaan harga dengan di toko.

Saat ini, layanan honestbee sudah melayani pengantaran di kawasan Jakarta, Tangerang, Depok, dan Bekasi. Pelanggan di sana bisa memanfaatkannya melalui aplikasi atau situs honestbee.

One thought on “Konsumsi Makanan Kalsium Demi Kesehatan

Leave a Reply