Musim hujan kembali datang. Keadaan ini pun memicu berbagai macam penyakit. Apalagi jika daya tahan tubuh menurun, hal ini menyebabkan beberapa keluhan.

Musim hujan membawa banyak perubahan terhadap lingkungan. Tidak hanya perubahan cuaca, tingkat kelembapan, pertumbuhan nyamuk, serta penyebaran bakteri dan penyakit pun ikut meningkat. Berbagai masalah kesehatan seperti flu, batuk, radang tenggorokan, hidung tersumbat dan diare menjadi lebih rentan dialami si kecil selama musim hujan.

Untuk mencegahnya, simak beberapa tips menjaga kesehatan si kecil saat musim hujan berikut ini!

  1. Pakaikan baju yang hangat dan nyaman

Bahan pakaian dari katun baik untuk mencegah kelembapan berlebihan yang dapat menyebabkan tubuhnya jamur. Pakaikan baju tersebut untuk si kecil dan jangan lupa untuk menyediakan jaket apabila cuaca tiba-tiba menjadi dingin.

Baju dan celana panjang dapat menjadi pilihan yang tepat. Selain dapat menghangatkan, baju dan celana panjang ini dapat menghindari si kecil dari gigitan nyamuk.

  1. Memasak air untuk diminum

Menjaga agar tetap terhidrasi saat musim hujan sangatlah penting. Udara dingin kerap membuat rasa haus berkurang. Hal ini menyebabkan kebutuhan cairan tubuh tak terpenuhi.

Gunakan air yang dimasak hingga matang untuk minum si kecil. Cara ini dinilai dapat membunuh bakteri patogen penyebab berbagai penyakit. Selain itu, Anda dapat menggunakan water purifier untuk menjaga air minum si kecil bebas dari bakeri.

Baca juga: Pertolongan Pertama Diare Pada Anak
  1. Cegah si kecil dari gigitan nyamuk 

Banyaknya genangan air saat musim hujan dapat membuat perkembangan nyamuk meningkat. Penyakit demam berdarah pun menjadi salah satu penyakit yang mungkin mewabah di beberapa daerah.

Memakai baju dan celana panjang mengoleskan lotion anti nyamuk yang aman dan memasang kelambu di tempat tidurnya bisa menjadi cara untuk mencegah agak si kecil terhindar dari gigitan nyamuk.

  1. Asupan nutrisi yang tepat

Memperkuat daya tahan tubuh si kecil juga merupakan hal yang penting. Asupan kaya nutrisi ini yang bisa membantu si kecil tidak terserang penyakit dengan mudah. Sehingga si kecil pun bisa banyak bereksplorasi dan mendapatkan pengalaman berharga walau di musim hujan ini.

  1. Jangan lupa cuci tangan

Walaupun terlihat hal sepele, cuci tangan tidak kalah penting dengan 4 hal diatas. Kebersihan tubuh si kecil dengan rajin potong kuku tangan dan kaki dapat terhindar dari bakteri. Biasakan untuk mencuci tangan dengan sabun cuci tangan.

Ajarkan si kecil untuk mencuci tangan yang baik. Menggosok seluruh permukaan tangan mulai dari kuku, jari tangan, bagian depan dan belakang selama paling tidak tiga puluh detik di air yang mengalir.

Selain si kecil, orang tua juga harus rajin mencuci tangan.

Leave a Reply