Digigit nyamuk jelas menyebalkan. Selain gatal, hasil gigitan sering berbekas di kulit. Oleh karena itu, penting sekali untuk paham cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk.

Saat menggigit, nyamuk mengeluarkan air liur dari dalam moncongnya. Air liur itu berguna untuk menjaga agar darah tidak cepat menggumpal. Ini akan memudahkannya untuk mengisap darah yang bakal menjadi nutrisi bagi calon anak-anak nyamuk. Perlu diketahui, hanya nyamuk betina yang suka menggigit.

Akan tetapi, air liur nyamuk mengandung enzim dan protein yang dianggap sebagai zat asing oleh tubuh. Inilah yang membuat tubuh mengaktifkan sistem pertahanan alami. Tubuh akan memproduksi histamin dalam jumlah banyak dalam upaya memeranginya.

Baca juga: 5 Manfaat Jahe Dalam Menjaga Kesehatan yang Perlu Diketahui!

Kadar histamin yang tinggi akan membuat aliran darah dan jumlah sel darah putih di sekitar area yang digigit nyamuk meningkat. Hal ini memicu peradangan dan pembengkakan kulit yang terlihat sebagai bentol.

Bentol atau bintik merah ini yang terasa gatal. Ini mengundang kita untuk menggaruknya. Tanpa sadar, menggaruk bekas gigitan nyamuk semakin membuat rasa gatal terasa. Hal ini yang membuat kulit teriritasi sehingga meninggalkan bekas.

Bagi yang peduli terhadap penampilan, bekas gigitan nyamuk akan terasa mengganggu. Namun, jangan khawatir ada cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk. Cara-cara tersebut sangat mudah sehingga bisa dilakukan oleh siapa saja.

Cuci dengan air sabun

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk diawali dengan mencucinya dengan air dan sabun. Lakukan sesegera mungkin setelah digigit nyamuk. Ini supaya rasa gatalnya tidak muncul.

Siapkan dulu air hangat dan sabun. Cucilah area yang digigit nyamuk dengan air dan sabun tersebut. Setelah itu, bisa pula ditambahkan kompresan es agar rasa gatal semakin hilang.

Caranya mudah saja. Masukkan beberapa buah es batu ke dalam plastik dan bungkus dengan handuk. Lalu tempelkan ke bagian yang digigit nyamuk. Hal ini akan mengurangi rasa gatal sehingga iritasi dan bekas gigitan nyamuk di kulit tidak muncul.

Kalau ingin praktis bisa pula memakai krim antigatal untuk meredakan rasa gatal. Perlu disadari, kunci untuk menjaga tidak ada bekas gigitan nyamuk adalah menghilangkan gatalnya yang berpotensi digaruk dan menimbulkan iritasi.

Oles dengan krim

Cara menghilangkan bekas gigitan nyamuk lainnya adalah dengan mengoleskan minyak atau krim yang mengandung vitamin E. Olesi ke area yang digigit nyamuk. Vitamin E berguna untuk membantu tubuh menghilangkan bekas kemerahan dan mempercepat penyembuhan iritasi kulit. Lakukanlah itu minimal dua kali dalam sehari.

2 thoughts on “Cara Menghilangkan Bekas Gigitan Nyamuk dengan Mudah

Leave a Reply