Memenuhi kebutuhan nutrisi pada saat kehamilan adalah hal terpenting dalam masa perkembangan janin. Acupan nutrisi dari buah-buahan merupakan salah satu nutrisi yang dibutuhkan. Dimana buah memiliki kandungan mineral dan vitamin yang baik untuk si ibu dan juga si janin sendiri, tetapi harus Anda ketahui bahwa tidak semua buah baik untuk dikonsumsi saat hamil. Terdapat beberapa buah yang dilarang untuk ibu hami karena memiliki efek negatrifnya apabila dikonsumsi berlebihan. Berikut buah-buah tersebut:

  1. Nanas

Buah Nanas mengandung bromelain. Tablet Bromelain tidak disarankan untuk digunakan selama kehamilan. Kandungan ini dapat memecah protein dalam tubuh dan menyebabkan pendarahan abnormal. Tapi jumlah bromelain dalam satu porsi nanas tidak akan mempengaruhi kehamilan Anda.

Sebenarnya, untuk mendapatkan efek yang sama, Anda perlu makan antara tujuh dan 10 nanas segar sekaligus. Kandungan tersebut bisa membuat leher rahim menjadi lunak dan terjadi pembukaan yang bisa menyebabkan kelahiran belum cukup usia, sehingga bisa memicu keguguran. Karenanya meskipun ngidamnya gak ketulungan, lebih baik menunda keinginan tersebut hingga bayi lahir. Sebab efek buruknya lebih besar daripada manfaatnya.

  1.     Pepaya

Pepaya mentah atau bahkan semi-matang mengandung lateks yang dapat mengaktifkan kontraksi rahim. Pepaya umumnya digunakan untuk mengobati siklus menstruasi yang tidak teratur. Pepaya dapat menyebabkan kontraksi rahim dan menginduksi persalinan, hal ini mengarah ke keguguran. Getah pepaya memiliki enzim yang disebut papain yang mengaktifkan hormon prostaglandin dan oksitosin yang memperkuat kontraksi persalinan sebelum waktunya. Selain itu kandungan lateks dapat menyebabkan induksi awal dan kelahiran prematur atau cacat lahir pada bayi Anda.

Baca juga: 5 Manfaat Jahe Dalam Menjaga Kesehatan yang Perlu Diketahui!

Pepaya mentah dianggap tidak aman selama kehamilan karena kandungan papain dan pepsin yang dapat memperlambat pertumbuhan dan perkembangan janin Anda. Hindari sepenuhnya makan pepaya pada saat hamil muda karena selama periode ini, plasenta baru mulai terbentuk dan bahkan sedikit saja lateks dapat membahayakan kandungan Anda.

  1.     Nangka

Sama seperti buah-buah lainnya, buah nangka juga memiliki banyak kandungan gizi. Buah nangka ini mengandung banyak sekali nilai gizi yang dibutuhkan oleh semua orang. Sayangnya kandungan gas dalam buah nangka bisa menyebabkan perut ibu hamil kembung dan begah sehingga nantinya perut ibu hamil akan terasa sakit.

Selain itu buah nangka juga bersifat panas sehingga jika dikonsumsi berlebihan tidak baik bagi ibu yang sedang hamil muda. Sehingga ibu hamil muda dilarang mengkonsumsi nangka berlebihan.

Sedangkan untuk Anda yang memiliki alergi atau orang dengan gangguan perut dan juga kelainan darah, buah nangka tidak dianjurkan bahkan bias berbahaya apabila dikonsumsi. Hal ini dikarenakan nangka termasuk buah yang bergas tinggi sehingga mampu memperburuh kesehatan tubuh anda.

Bahaya lainnya, nangka dikatakan pula, bisa menaikkan kadar gula dalam darah pada penderita diabetes.

  1.     Durian

Buah yang dijuluki sebagai raja buah ini memiliki aroma yang sangat menggoda bagi pecintanya. Namun saat hamil, buah yang satu ini merupakan salah satu buah yang dilarang untuk ibu hamil. Bukannya tanpa sebab, buah yang kulit luarnya berduri ini memiliki kandungan asam arachidonat serta alkohol yang bisa membahayakan kehamilan.

Kelahiran prematur bisa terjadi apabila si ibu hamil mengkonsumsi buah durian berlebihan, karena kandungan asam arachidonat dapat memicu terjadinya kontraksi pada rahim.

Selain itu, kandungan alkohol buah durian dapat menggugurkan janin dan membuat cacat janin. Kandungan ini dapa membuat rasa panas dalam tubuh dan menghambat pertumbuhan organ janin. Jika organ vital janin terhambat pertumbuhan dan perkembangannya, maka janin tidak akan memiliki organ yang berfungsi maksimal.

Masih banyak efek negatif lainnya seperti diabetes, hipertensi dan kolestrol. Namun mencicipinya sedikit untuk memenuhi rasa ngidam boleh–boleh saja, asal dikonsumsi dalam jumlah yang sedikit dan wajar.

  1.     Mangga Matang

Buah yang satu ini memang mengandung zat besi yang baik untuk hemoglobin ibu hamil. Sayangnya, ada aturan mengonsumsi mangga yang harus diketahui ibu hamil agar tidak menimbulkan masalah kesehatan.

Meski mangga aman-aman saja dikonsumsi oleh ibu hamil, tapi bahan kimia yang membuat mangga matang, kalsium karbida, bila dikonsumsi berlebihan berisiko pada diabetes gestasional, diare, dan menyebabkan dehidrasi.

Ibu hamil dilarang untuk makan buah mangga yang dimatangkan dengan memakai bahan kimia mirip karbid. Mangga yang di karbid, bisa menyebabkan keracunan dan membahayakan nyawa janin.

Ibu hamil yang menderita diabetes harus menjaga kadar dalam memakan buah mangga untuk menjaga kadar gula dalam darah. Disarankan untuk makan buah mangga segar atau jus tanpa gula, karena buah mangga sudah di dalamnya terdapat kalori sesampai bisa menyebabkan ibu hamil rentan terhadap diabetes.

buah lainnya yang dianjurkan untuk ibu hamil konsumsi adalah seperti apel, jeruk, mangga,  dan pisang. Buah apapun yang Anda cari bisa didapatkan lebih mudah dengan honestbee.

Leave a Reply